Pages

Selasa

artikel 10 > Hari Kemerdekaan Republik Indonesia



pas banget nih, besok HUT RI ke 66 lohhhh...
saya akan mengentri beberapa hal mengenai hari kemerdekaan RI yaa ,

HUT RI itu identik dengan upacara bendera serta berbagai macam lomba untuk memperingatinya. Upacara cara bendera biasa dilakukan di sebuah gedung istana, sekolah, bahkan ada juga yang menyelenggarakan melalui dunia maya (via online) lohhh ... Saya tertarik banget saat tau kalo upacara bendera bisa dilakukan secara online , yuuuuk kita bahass (•̀_•́)ง

Upacara bendera digital alias virtual pertama kali di dunia ini sudah pernah dilaksanakan pada HUT RI ke 65 tahun 2010 lalu. Bagi pengguna Twitter bisa mengikuti upaca bendera online ini dengan menggunakan hastag Indonesia65 (#Indonesia65) atau #upacarabendera. Upacara Bendera Virtual ini diselenggarakan oleh situs www.indonesiaoptimis.org , di web Indonesia Optimis itu kita bisa mengikuti upacara bendera layaknya upacara bendera sebenarnya di alam nyata. Seperti adanya detik-detik proklamasi, pembacaan teks Undang-Undang Dasar 45 (UUD45) dan Lagu Indonesia Raya hingga selesai. Sepertinya menarik merayakan HUT RI secara online. Hastag Indonesia65 diharapkan menjadi trending topic di twitter disaat hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus.

Menurut penggagasnya, yang bisa diakses melalu akun twitternya @ID_optimis, upacara digital ini bagian dari aksi gerakan Indonesia Optimis yang momentum kemerdekaan. Hal ini dilakukan untuk menyebarkan keoptimisan, mengonstruksi ulang makna nasionalisme yang kontekstual (kekinian). Lebih besar lagi, gerakan ini mengajak semua orang menunjukkan pada dunia luar bahwa Indonesia adalah bangsa yang optimis.
Menariknya, Anda bisa memilih pembina upacara yang sesuai pandangan optimisme yang paling cocok dengan karakter kita. Upacara digital ini menghadirkan: Pandji Pragiwaksono, anak muda Indonesia yang aktif melalui gerakan IndonesiaUnite yang merespons aksi pemboman di Indonesia. Ia juga berkarya melalui lagu Kami Tidak Takut, e-book Nasional-Is-Me dan terakhir pencetus acara "Provocative - Proactive".

Yaaaps, tadi itu pembahasan tentang upacara bendera digital yang dilaksanakan tahun 2010. Untuk tahun ini ada ga ya upacara bendera digital seperti tahun lalu ????
jawabannya....... ada dong :)


Masih sama seperti tahun lalu , Upacara Bendera Digital dilaksanakan melalui medium website di www.id-optimis.org & didukung oleh akun twitter @ID_Optimis yang menjadi protokoler menit menit upacara sampai ke detik-detik hening timeline di pukul 10.00 – 10.01 mengenang Proklamasi 66 tahun lalu.  Hal yang baru dibandingkan tahun lalu adalah pada tahun ini pemilihan petugas upacara dilakukan dengan casting melalui medium twitter dan Pembina upacara ditentukan berdasarkan usulan dari audience di jejaring sosial. Yang akan memberikan amanat tahun ini adalah :
  1. Bapak Anies Baswedan, rektor Universitas Paramadina yg aktif bikin kegiatan @pengajarmuda
  2. Andrew Darwis, pendiri dan Chief Technology Officer Kaskus Network
  3. Iman Brotoseno, seorang blogger & sutradara film
  4. Iwan Setyawan, penulis buku 9 Summer 10 Autumm
  5. Bambang Pamungkas, atlet TimNas Sepak Bola Indonesia
  6. Valencia Meika Randa, ibu indonesia pendiri @Blood4LifeID dan autism concern
  7. A Mustofa Bisri atau Gus Mus, seorang kiai, penyair, dan pelukis sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuth Thalibin, Rembang.
Agenda acara

16/8 Pukul 16.00
Pengecekan lokasi upacara di www.id-optimis.org & juga venue Foursquare di http://bit.ly/proklamasi

17/8 Pukul 07.00
Kedatangan peserta upacara di www.id-optimis.org & checkin Foursquare di http://bit.ly/proklamasi

17/8 Pukul 08.00
@ID_Optimis akan memulai protokoler dan dipersilahkan isi buku tamu untuk sebar semangat

17/8 Pukul 10.00
Mengheningkan timeline 1 menit untuk hormati detik detik proklamasi

Di tahun ini ID-Optimis.org tetap dengan semangat keIndonesiaan meminta dukungan untuk dukung gerakan nonprofit dan tak berbendera apapun selain Indonesia di #UpacaraBendera Digital yg memanfaatkan website http://id-optimis.org dan twitter @ID_Optimis.

Dan pada tahun ini bersama dengan rangkaian #17an ada banyak acara yang menjadi rangkaian perayaan kemerdekaan dengan adanya kegiatan dari Kerek Bendera Rame Rame dari @ID_17an, Facebook.com/IndonesiaUnite, Pancasila Rumah Kita dari @malesbanget

sumber: kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar