Pages

Jumat

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan



Pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Dengan proklamasi kemerdekaan, bangsa Indonesia menjadi sederajat dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Meskipun demikian, perjuangan bangsa Indonesia belum berakhir. Kaum penjajah terus berupaya melakukan penjajahan di Indonesia. Oleh karena itu, bangsa Indonesia berjuang untuk mempertahankan kemerdekaannya. 
Perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan berlangsung sejak 1945 sampai 1949. Periode itu disebut periode Perang Kemerdekaan atau Revolusi Fisik. Usaha mempertahankan kemerdekaan, tidak hanya dengan mengandalkan perjuangan fisik. Para pemimpin bangsa juga melakukannya dengan diplomasi melalui berbagai perundingan. 
Keberadaan negara Indonesia tidak diakui oleh Belanda. Bahkan Belanda berusaha menguasai kembali bangsa Indonesia. Bagaimana Belanda bisa kembali datang dan masuk ke Indonesia? 
Sekutu! Setelah kemenangan Sekutu atas Jepang tanggal 29 September 1945 tentara Inggris mendarat di Jakarta. Tentara Inggris dalam hal ini mewakili Sekutu. Pasukan tersebut dipimpin Letnan Jenderal Sir Philip Christison yaitu pimpinan AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indie) atau Pasukan Sekutu Hindia Belanda. Tentara Inggris datang ke Indonesia bertujuan melucuti tentara Jepang.

Pertemuan Presiden Soekarno dengan Letnan Jenderal Christison


     Kedatangan Inggris diboncengi oleh NICA (Netherlands Indies Civil Administration). NICA yaitu pemerintahan sipil Belanda atas Indonesia yang dipimpin oleh van Mook. Bangsa Indonesia yang semula menyambut baik kedatangan Inggris berubah memusuhi. Hal ini dikarenakan kedatangannya diboncengi NICA. Apalagi setelah NICA membentuk dan mempersenjatai KNIL (Koniklijk Netherlands Indish Leger). KNIL yaitu tentara sewaan Kerajaan Belanda. Anggota KNIL adalah orang-orang yang dibebaskan dari tahanan Jepang di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Perlawanan Rakyat di Berbagai Daerah

Semenjak kedatangan tentara Sekutu yang diboncengi NICA, muncul banyak perlawanan di daerah. Semuanya bertujuan mempertahankan kemerdekaan dan keutuhan bangsa. Berikut ini usaha-usaha rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan.
Ayo kita pelajari bersama-sama !

0 komentar:

Posting Komentar