Pages

Jumat

Matahari Mampu Membakar Benda

Praktikum selanjutnya yang akan saya posting yaitu cahaya matahari memiliki energi panas yang dapat membakar benda .
Dengan menggunakan alat optik yaitu Lup kita mampu membuktikan bahwa cahaya matahari mampu membakar benda. Bagaimana pembahasannya ? silakan di simak ! :)

Alat dan Bahan:

1. Korek api kayu
2. Sumber api
3. Lup

Langkah-Langkah:

1. Meletakkan korek kayu di tempat terbuka yang terkena cahaya matahari langsung.
2. Meletakkan batang korek api dibawah lensa cembung yang terkena cahaya matahari.
3. Dibuat sedemikian rupa agar titik api lensa jatuh tepat pada ujung korek api.
4. Mengamati yang terjadi pada korek api.

Landasan Teori:

Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi bumi yang berupa energi panas dan energi cahaya. Energi panas matahari dapat digunakan secara langsung, misalnya untuk mengeringkan pakaian. Energi cahaya matahari menerangi bumi pada siang hari. Selain itu, cahaya matahari dimanfaatkan tumbuhan hijau untuk melakukan fotosintesis. Energi cahaya matahari juga digunakan untuk memanaskan air atau menghasilkan listrik.

Dengan energi panas yang dihasilkan matahari juga mampu membakar benda, dengan menggunakan alat optik sebagai medianya yaitu lup. Lup adalah merupakan alat optik yang sangat sederhana yang hanya terdiri dari lensa cembung. Lup berfungsi untuk melihat benda-benda yang kecil agar tampak menjadi lebih besar.

Orang yang mengamati benda dengan menggunakan lup, biasanya dalam keadaan akomodasi mendekati maksimum. Hal ini karena bayangan benda yang di amati cukup dekat dengan mata. Akomodasi maksimum sering menyebabkan mata menjadi cepat lelah. Untuk mengatasi hal ini benda di letakkan tepat pada titik fokus Lup. benda yang di letakkan tepat di titik fokus lensa cembung akan menghasilkan bayangan di tak terhingga. Dengan demikian pengamat dapat menikmati benda tanpa berakomodasi sedikitpun.

Pengamatan:

Gambar diatas merupakan kegiatan saat percobaan mencari titik fokus lensa cembung ke batang korek api.


Karena diduga tidak ada titik temu bila batang korek api 2 batang, Kemudian di ubah menjadi 1 batang korek api. dan hasilnya batang korek api tersebut terbakar. (gambar diatas)

Mengapa bisa terjadi demikian ?

Lup seperti kaca pembesar dapat membakar benda dengan pantulan sinar matahari. Karena sewaktu terkena sinar matahari, panas yang dihasilkan dari sinar matahari akan berkumpul di titik tengah lensa cembung, maka dari itu panasnya akan terfokus sampai bisa membakar benda tersebut.

Kesimpulan:

Dari percobaan yang telah dilakukan dapat membuktikan melalui alat optik lensa cembung (lup) energi panas yang dihasilkan matahari dapat membakar benda.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

klo tentang ekonomi bisa gk bu guru?
mw nyusun skripsi nih, bantuin donk (‾⌣‾)♉

Indah Permatasari mengatakan...

coba ke pasar deh .
itu kan tempat paling banyak di temui kegiatan ekonomi yaa siapa tau dapat pencerahan . siapa tau gitu :P

Unknown mengatakan...

banyak kegiatannya tapi cuma 1 tipe (¬˛¬!!)

Indah Permatasari mengatakan...

intinya kegiatan ekonomi kan ? :))

Unknown mengatakan...

y tapi yg gk se-simple itu bu guru (¬˛¬!!)

Posting Komentar